KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Sejarah Sistem Operasi Android dari Awal Sampai Dibeli Google

Sejarah Operating System Android - Banyak dari kita mengenal Android merupakan ponsel, padahal pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar. Kenapa? karena Android sebenarnya adalah sebuah System Operasi. Jadi jelas disini, Android merupakan nama dari System Operasi / Operating System bukan nama ponsel.

Jika pada perangkat komputer atau laptop anda mengenal windows, Linux dan MAC (Saya ambil dari OS yang paling banyak digunakan orang), Android merupakan salah satu keturunan dari Linux Operating System.

Di dalam Linux sangat lah banyak, biasa disebut dengan istilah Distro.

Mulai dari Ubuntu, Debian, OpenSuse, RedHat. Setiap Induk dari linux masih mempunyai keturunan lagi. Bahkan ada distro Linux ringan yang ukurannya hanya 16 MB saja.

Menurut Wikipedia, sejarah Android adalah sebagai berikut

Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005.

Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler. Ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008.

Andi Rubin Android

Android, Inc. didirikan di Palo Alto, California, pada bulan Oktober 2003 oleh Andy Rubin (pendiri Danger),Rich Miner (pendiri Wildfire Communications, Inc.), Nick Sears (mantan VP T-Mobile), dan Chris White (kepala desain dan pengembangan antarmuka WebTV) untuk mengembangkan "perangkat seluler pintar yang lebih sadar akan lokasi dan preferensi penggunanya.

Tujuan awal pengembangan Android adalah untuk mengembangkan sebuah sistem operasi canggih yang diperuntukkan bagi kamera digital, namun kemudian disadari bahwa pasar untuk perangkat tersebut tidak cukup besar, dan pengembangan Android lalu dialihkan bagi pasar telepon pintar untuk menyaingi Symbian dan Windows Mobile (iPhone Apple belum dirilis pada saat itu).

Meskipun para pengembang Android adalah pakar-pakar teknologi yang berpengalaman, Android Inc. dioperasikan secara diam-diam, hanya diungkapkan bahwa para pengembang sedang menciptakan sebuah perangkat lunak yang diperuntukkan bagi telepon seluler.

Masih pada tahun yang sama, Rubin kehabisan uang. Steve Perlman, seorang teman dekat Rubin, meminjaminya $10.000 tunai dan menolak tawaran saham di perusahaan. Google mengakuisisi Android Inc. pada tanggal 17 Agustus 2005, menjadikannya sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Google.

Dengan demikian sudah jelas seperti yang saya sebutkan diatas bahwa android bukan lah nama ponsel, melainkan Operating System. Terimkasih sudah berkungjung ke umahdroid.com, semoga bermanfaat.
Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan